Mohon Klik salah satu iklan di bawah ini sebagai bentuk donasi anda pada blog ini. Terima kasih

Obyek Wisata di Semarang

| |


Beberapa Obyek Wisata di Semarang:

1. Monumen Tugu Muda
Merupakan tugu yang berpenampang segi lima. Terdiri dari bagian yaitu landasan, badan dan kepala. Pasa sisi landasan tugu terdapat relief. Keseluruhan tugu dibuat dari batu. Untuk memperkuat kesan tugunya, dibuat kolam hias dan taman pada sekeliling tugu. Bangunan yang berada disekitar tugumuda adalah lawang sewu, Kantor BDNI, bakal Rumah Dinas Gubernur Jateng, Museum Manggala Bakti dan Katedral.




2. Lawang Sewu

Terletak di komplek tugumuda, dahulu merupakan gedung megah berbaya art deco, yang digunakan Belanda sebagai kantor pusat kereta api ( trem ), atau lebih dikenal dengan Nederlandsch Indische Spoorweg Maschaappij ( NIS ). Bangunan karya Arsitek Belanda Prof. Jacob F. Klinkhamer dan B.J Queendag menurut catatan sejarah dibangun tahun 1903, kemudian diresmikan pada tanggal 1 juli 1907.Masyarakat Semarang lebih mengenal gedung ini dengan sebutan Gedung LaswangSewu, mengingat gedung ini memiliki jumlah pintu dalam jumlah banyak, yangt dalam arti kiasan banyak berarti jumlahnya seribu atau lebih , yang dalam bahasa jawa LawangSewu.Lawang berarti pintu dan Sewu berarti seribu.

3. Kota Lama

Di sekitar Johar Gedung-gedung tua tersebut jumlahnya cukup banyak hingga disebut sebgai kawasan kota lama. Antara lain Gereja Blenduk, Stasiun Kereta Api Tawang, Gereja Gedangan, Nilmij, Taman Sri Gunting, Marba, Marabunta dan De Spiegel.Kawasan Kota lama telah direvitalisasi dan dijadikan kawasan cagar budaya. Bangunan – bangunan kuno yang ada dilindungi.

4. Kawasan Pecinan
Di kawasan pecinan ini terdapat warung Semawis yang lokasinya di jalan Gang Warung Kelurahan Kranggan Kecamatan Semarang tengah. Disiini terdapat deretan warung kaki lima yang menjual aneka makanan yang dikenal paling enak d
i Semarang dengan nuansa Oriental yang sangat kental.

5. Goa Kreo
Goa Kreo adalah sebuah goa yang dipercaya sebagai petilasan Sunan Kalijaga s
aat mencari kayu jati untuk membangun Mesjid Agung Demak . Ketika itu menurut legenda Sunan Kalijaga bertemu dengan sekawanan kera yang kemudian disuruh menjaga kayu jati tersebut. Kata “Kreo” berasal dari kata Mangreho yang berarti peliharalah atau jagalah. Kata inilah yang kemudian menjadikan goa ini disebut Goa Kreo dan sejak itu kawanan kera yang menghuni kawasan ini dianggap sebagai penunggu. Obyek wisata ini terletak didukuh Talunkacang, Kelurahan Kandri , Kecamatan Gunung Pati kurang lebih 8 Km dari Tugu Muda, dibuka untuk umum jam 08.00 s/d 18.00 WIB . Setiap tanggal 3 Syawal diadakan upacara Sesaji Rewanda.

6. Tinjomoyo

Objek wisata ini terletak di Kelurahan Tinjomoyo di bagi
an selatan Kota Semarang kurang lebih 7 KM dari Tugumuda. Dan merupakan hutan wisata yang dapat dimanfaatkan sebagai area combat game, camping ground, outing activity, birds watcing, juga terdapat flying fox. Tempat iini sangat ideal kareana perpaduan hutan, bukit dan sungai menjadikan para penggemar permainan “perang- perangan”

7. Pantai marina
Merupakan taman rekreasi. Pantai yang dilengkapi dengan kolam renang, sky air, speed boat, dan arena bermain anak – anak. Dibuka setiap hari pukul 06.00 selama 24 jam.Di pantai Marina kita dapat bermain jet sky maupun berselancar, naik stom boat dan perahu atau hanya sekedar santai beristirahat sambil menikmati keindahan pantai dan deburan ombak. Pantai Marina terletak di bagian utara Kota Semarang, tepatnya di jalan Yos Sudarso kurang lebih 4 km dari Tugumuda, bersebelahan dengan arena PRPP dan Mareokoco.

8. Puri Maerokoco
Sebuah Objek wisata yang berada di Jalan Yos Sudarso kurang lebih 5 Km dari tugumuda, satu komplek dengan PRPP. Sebagai taman mini Jawa Tengah yang merangkum semua rumah adat yantg disebut den
gan anjungan dari 35 kabupaten dan kota yang ada di Jawa Tengah.

9. Museum Ronggowarsito
Museum yang terletak di jalan AbdurrahmanSaleh ini merupakan museum terlengkap di Semarang yang memiliki koleksi sejarah, alam, arkeologi, kebudayaan, era pembangunan dan wawasan nusantara. Dengan nama yang diambil dari nama salah satu pujangga Indonesia, yang terkenal dengan hasil karyanya dalam bidang filsafat dan kebudayaan, museum ini menempati luas tanah 1,8 hektare, museum ini dibuka setiap hari pukul 08.00 sampai 14.00 wib.Berjarak kurang lebih 3 Km dari tugumuda.

10. Pagoda Avalokitesvara
Bangunan indah ini terdiri atas tujuh tingkat. Tiap tingkat memiliki 4 buah patung Dewi Kwan Im yang menghadap keempat penjuru.Pembangu
nanya dilatarbelakangi oleh kebutuhan umat Budha akan tempat ibadah yang lebih layak dan nyaman. Yang sebelumnya ditempat ini hanya ada vihara kecil yang sudah berdiri sejak 1957. Kemudian pada tahun 2005 dibangunlah Pagoda Avalokitesvara yang rencana pembangunanya hanya membutuhkan waktu 8 bulan tetapi karena menunggu barang-barang dan patung dari Cina penyelesaiannya mundur menjadi 10 bulan.Pagoda ini mempunyai banyak keistimewaan karena dari mulai genteng, aksesori, relief tangga dari batu (9 naga) , kolam naga, lampu naga, air mancur naga hingga patung burung hong dan lilin, seluruhnya diambil dari Cina. Terletak di jalan Perintis Kemerdekaan terbuka untuk umum setiap hari.



11. Museum Rekor Indonesia
Museum yang memiliki koleksi foto – foto, slide dan perlatan tradisional pembuatan jamu pada masa lalu ini berlokasi di jalan Setiabudi no. 179 Srondol kurang lebih 12 Km dari Tugu muda. Musium ini didirikan oleh Perusahaan Jamu Jago sebagai Pusat Informasi dan promosi hasil jamu. Sementara itu museum muri mengoleksi catatan rekor maupun prestasi luar biasa yang dimiliki orang –orang Indonesia.

12. Klenteng Sam Poo Kong
Dibangun oleh seorang dari Tiongkok bernama Sam Poo Tay Djien dalam la
watanya ke Semarang . Klenteng ini memberikan inspirasi bagi berkembangnya berbagai legenda mengenai Kota Semarang. Tiap tahun bertepatan tanggal 29 Lak Gwee penanggalan Tionghoa, diadakan upacara ritual memperingati hari ulang tahun Sam Poo Tay Djien. Diawali dengan pawai dari Klenteng Tay Kak Sie Gang Lombok menuju Klenteng Sam Poo Kong. Terletak di Jl. Simongan 129 kurang lebih 2 Km dari Tugu Muda kea rah Barat Daya, dibuka untuk umum setiap saat selama 24 jam penuh.

13 Masjid Agung Jateng
Masjid Agung Jawa Tengah bangunannya meneladani prinsip gugus mod
el kluster dari Masjid Nabawi di Madinah. .Bentuk penampilan arsitekturnya merupakan gubahan baru yang mengambil model dari tradisi para wali dengan membubuhkan corak universal arsitektur Islam pada pada bangunan pusatnya dengan menonjolkan kubah utama yang dilengkapi dengan minaret runcing menjulang di keempat sisinya. Masjid beserta fasilitas pendukungnya terletak di jalan Gajah Raya, Keluarahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari menempati tanah bandha Masjid Agung Semarang seluas 10 ha dan mampu menampung jamaah lebih kurang 13.000 orang.

14. Museum Jamu Nyonya Meneer
Terletak di jalan Kaligawe kurang lebih 7 km dari tugumuda. Musaeum ini didirikan pada tanggal 18 Januari 1984. Sebagai pusat informasi, promosi dan sebagai media untuk melestarikan warisan budaya tradisional, tentang jamu yang berkhasiat dimana semua bahannya didapat dari tanah atir kita sendiri. Museum Nyonya Meneer menyimpan berbagai koleksi benda budaya tentang jamu, serta koleksi pribadi Nyonya Meneer, yang berupa foto – foto dan sejarah cara pembuatan jamu , dengan menggunakan alat-alat tradisional ( lumping, alu., pepesan, cuwo, panel dan bothekan / tempat menyimpan resep asli ramuan jamu ).



source: http://semarang.go.id/pariwisata




14 komentar:

Tri Setyo Wijanarko mengatakan...

besok mau ke semarang.. mudah2an bisa berkunjung ke beberapa tempat wisata tersebut.. :)

rendemfer mengatakan...

Tambah Bro....

Umbul Sidomukti Bandungan

Masjid Agung Jawa Tengah

Air Terjun Limut

dan jangan lupa... mampir Pantai Maron..

Rhein mengatakan...

sudah pernah semua... blom ada yang baru ya? sampe wonderia pun saya jabanin... hahaha..

Irwan Aprianto mengatakan...

@tri setyo: tulis disinni aja mas pengalamannya pas maen2 ke smg. Hehe

Irwan Aprianto mengatakan...

@rendemfer: Waaahh makasih tambahan informasinya bro

Irwan Aprianto mengatakan...

@rhein: waah doyan jalan2 di smg juga ya sob?hehe

obat asam urat mengatakan...

wah mantap gak jalan-jalannya,,, ikutan gue donk

pengobatan herbal mengatakan...

Ternyata banyak juga yah obyek wisata di semarang...

Irwan Aprianto mengatakan...

@obat asam urat: hehe silakan gan..

Irwan Aprianto mengatakan...

@pengobatan herbal: yup, emg byk bgt gan. Ini baru sebagian kecilnya aja

obat gagal ginjal mengatakan...

wah mantap juga ya tempat nya,,,,
kapn gue bisa maen ke sana,,, pengen jalan jalan ni

Irwan Aprianto mengatakan...

yup, silakan aja gan maen ke semarang

Pengobatan Maag mengatakan...

kalau saya paling penasaran sama Lawang Sewu,,:)

Daftar Harga mengatakan...

pada keren tempat liburannya nih....

Poskan Komentar

Silakan tinggalkan pesan. Blog ini sudah dofollow.

Unique Visitor Counter